PAKTA INTEGRITAS DAPODIK
Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran No. 01/D/SE/IT/2017 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Isi surat edaran adalah sebagai berikut:




  1. Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan sekolah dengan menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2017 serta penandatanganan pakta integritas oleh kepala sekolah di dalam system dapodik sebagai bukti keabsahan data.
  2. Prosedur dan mekanisme pemutakhiran data DAPODIK sama seperti tahun sebelumnya dengan penjelasan singkat perubahan versi terlampir.
  3. File aplikasi, formulir, panduan dan perangkat pendataan lainnya dapat diunduh di laman dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  4. Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota segera menyosialisasikan system pendataan DAPODIK versi 2017 ke seluruh sekolah di wilayahnya masing-masing.
  5. LPMP melakukan validasi data dengan menggunakan sistem yang sedang dibangun di laman dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  6. Pemutakhiran data dari setiap sekolah paling lambat tanggal 1 Maret 2017.

Pakta integritasi adalah surat pernyataan kepala sekolah bahwa data dapodik sekolah yang dikirimkan oleh operator sekolah secara online sudah diperiksa kebenaran dan kemutakhiran datanya sesuai dengan fakta di lapangan tanpa ada rekayasa. Kepala sekolah bertanggungjawab jika dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian antara data yang dikirimkan dengan fakta, sehingga siap menerima sanksi moral, sanksi administrasi dan sanksi hukum sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Pakta intergritas memuat data profil sekolah, sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kepoendidikan, rombongan belajar, dan peserta didik. Untuk menjamin validitas faktual data dapodik, maka pakta intergritas di tandatangani oleh operator Dapodik sekolah sebagai operator, kepala sekolah sebagai penanggung jawab, diketahui oleh pengawas sekolah dan disahkan oleh KKDataDik Dinas Pendidikan kabupaten setempat.

Untuk mencetak pakta intergritas aplikasi Dapodik sekolah dapat diunduh di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, melalui menu Pakta Integritas yang berada di atas menu profil sekolah, tarik peserta didik dan tarik PTK.

Contoh link download "PAKTA INTEGRITAS" berwarna biru

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close