SKALA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN ANAK (Format 1 dan 2)

Berkas-PAUD, SKALA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN ANAK (Format 1 dan 2), Dalam Penilaian/Pencapaian Perkembangan Harian anak terdapat 4
kategori Penilaian, yang mengacu pada Indikator dalam format yang sesuai dengan apa yang tercantum dalam RPPH.
Setiap anak diukur ketercapaian perkembangannya sesuai dengan indikatornya.
Kolom pencapaian perkembangan diisi dengan kategori 1 (BB), 2 (MB), 3 (BSH), dan 4 (BSB).
1 (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru.
2 (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru.
3 (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru.
4 (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.




Contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan “berdoa sebelum belajar”:
a)       1 (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau dicontohkan oleh guru
b)       2 (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Reghina, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
c)        3 (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.
d)       4 (BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.

Untuk Lebih jelasnya Silahkan Unduh Contoh formatnya pada Link dibawah ini,





0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close