Grobogan.
Kuliner khas Purwodadi ini memang tidak banyak diketahui oleh orang dari luar kabupten Grobogan. Tetapi di kawasan sendiri, kuiner ini menjadi kegemaran masyarakat sekitar dari kecil sampai tua. Kuliner ini dibuat dari hasil pertanian berupa jagung dan salah satu hewan sejenis kepiting yang hidup di air tawar atau yang dinamakan oleh masyarakat sekitar sebagai “YUYU”.

Yuyu dan jagung menjadi bahan utama dalam membuat kuliner khas ini. Beberapa warung makan yang ada di Purwodadi menyediakan jenis kuliner ini dengan harga ayng sangat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Rasa yang disuguhkan dari kuliner ini memang khas dan menggoyang lidah penikmatnya.

Pengolahan dari kedua bahan baku tersebut tergolong rumit dan memakan sedikit waktu yang agak lama. Tahap pertama, jagung putih yang telah disiapkan harus direndam air terlebih dahulu selama 4 hari dengan penggantian air setiap harinya, supaya tidak berbau danterasa asam. Setelah empat hari, jagung ditiriskan dan dikeringkan, kemudian digiling atau dijadikan bubuk. Setelah ditumbuk menjadi bubuk jagung yang lumayan halus, bubuk jagung siap untuk di masak dengan cara dikukus (di-Dhang) dalam bahasa masyarakat Purwodadi.Waktu memasaknya kurang lebih 3 jam dengan proses dan alat memasak yang tradisional. Setelah matang baru siap untuk disajikan.

Untuk proses pengolahan Yuyu menjadi Botok Yuyu juga tergolong rumit. Pertam, Yuyu harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel di badannya. Setelah bersih, Yuyu digiling sampai halus dan berair. Kemudian salah satu olahan dari Yuyu yang sudah ditumbuk ini adalah Botok Yuyu setelah dicampur dengan kelapa yang tingkat kemudaannya tertentu yang diparut dan dicampur dengan rempah-rempah khusus sebagai bumbunya. Hasil penghalusan dari Yuyu tersebut juga dapat dipakai untuk membuat menu masakan khas lain yang tidak kalah enaknya.

Warung-warung yang menyediakan kuliner ini diantaranya adalah warung makan Bu Harsiti yang ada di Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi RT 06 RW 01. Warung ini selalu penuh dengna para pembeli yang ingin menikmati kelezatan nasi jagung dengan botok yuyu khas Purwidadi.
Rata rata setiap penjualnya mematok harga kurang lebih Rp 10.000,-.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close