cara-menangkap-katak-sawah.jpg
Bagaimana cara menangkap katak sawah dengan mudah? Bagi Anda yang dapat bergerak dengan cepat, berburu katak di sawah mungkin pekerjaan yang sepele. Anda bisa menangkapnya dengan kedua tangan atau bila diperlukan cukup menggunakan bantuan jaring. Setelah katak tersebut tertangkap, silakan masukkan ke dalam wadah khusus.
Kebanyakan orang menangkap katak sawah untuk dijadikan umpan mancing ikan air tawar. Oleh karena itu, katak yang diperoleh harus dalam kondisi hidup dan sebisa mungkin tidak mengalami cidera. Biasanya katak yang mengalami luka di badannya akan mudah mati di keesokan harinya dan mengeluarkan bau yang busuk.

Ada beberapa teknik yang dapat diaplikasikan untuk menangkap katak, antara lain :
Teknik I : Menangkap Katak dengan Tongkat Ciss
Tongkat ciss memiliki wujud berupa tombak kayu yang panjangnya sekitar 2 m yang dilengkapi kawat baja runcing dan berkait pada bagian ujungnya. Bahan untuk membuat kaitan ini adalah jeruji sepeda.
Dengan menggunakan bantuan dari alat ini, Anda bisa menangkap katak dari jarak yang cukup jauh. Bahkan Anda pun dapat menjangkau katak yang berada di lokasi yang sulit dilalui. Namun karena alat ini dipersenjatai dengan jerat, maka katak yang tertangkap hampir dapat dipastikan selalu mengalami luka.
Teknik II : Menangkap Katak dengan Serok Kodok
Serok adalah jaring kecil yang diperkuat dengan kawat sebagai rangkanya. Biasanya serok tersebut digunakan untuk menangkap ikan-ikan kecil di sungai. Khusus untuk memburu katak, serok ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga katak-katak yang sudah tertangkap tidak mudah terlepas kembali.
Serok tersebut dibuat supaya bagian mulutnya bisa dibukatutup menggunakan tali penarik yang dipegang oleh penggunanya. Serok ini juga selanjutnya disambungkan dengan tongkat sepanjang 2 m agar jangkauannya lebih luas. Keunggulan dari alat ini ialah risiko terlukanya katak yang tertangkap sangat minim.
Teknik III : Menangkap Katak dengan Terpal dan Petromaks
Tanpa Anda sadari, terpal dan petromaks juga bisa dimanfaatkan untuk berburu katak sawah di malam hari. Caranya yaitu hamparkan terpal di tengah sawah begitu saja. Lalu letakkan lampu petromaks yang sudah menyala di tengah-tengah hamparan terpal tadi. Adanya lampu di tengah kegelapan akan mengundang berbagai serangga untuk mendatangi petromaks sehingga memancing katak-katak di sekitarnya untuk datang mendekatinya pula.
Setelah terlihat beberapa katak berkumpul di tengah-tengah terpal untuk memangsa serangga, Anda bisa mengambil lampu petromaks tadi. Kemudian dengan gerakan yang cepat, angkatlah keempat sudut terpal secara bersama-sama lalu gulung ke tengah sehingga katak terperangkap di dalam terpal. Cara ini akan sangat efektif apabila diterapkan di area persawahan yang terletak jauh dari pemukiman penduduk dan kondisinya benar-benar gelap gulita.
(Sumber :http://tipsikan.blogspot.co.id/2016/08/cara-menangkap-katak-sawah-dengan-mudah.html?m=1)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close