Kolinlamil Peringati Hari Lahir Pancasila
Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini juga dilaksanakan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan upacara yang dipimpin Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. di Lapangan apel Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/6). Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo yang sehari-harinya menjabat sebagai Paban Ops Sops Kolinlamil.
Hari Lahir Pancasila ditetapkan merujuk pada judul pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato itulah lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Pangkolinlamil  yang menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Pancasila ini sebagai hari bersejarah yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Menurutnya, pemahaman terhadap Pancasila sebagai ideologi, dasar negara juga falsafah hidup bangsa Indonesia dapat mempererat kehidupan berbangsa yang terdiri dari berbagai suku dan agama.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close