Komando Distrik Militer 0717/Purwodadi menampilkan pertunjukan Drama Kolosal dalam rangka menyemarakkan upacara peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Alun-alun Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan, Kamis (17/8).
Drama kolosal mengambil tema Perjuangan Nyi Ageng Serang yang merupakan pahlawan wanita yang berasal dari Grobogan. Nyi Ageng Serang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi, lahir pada tahun 1762 putri bungsu dari Bupati Serang, Panembahan Natapraja yang menguasai wilayah terpencil dari kerajaan Mataram tepatnya di Serang yang sekarang wilayah perbatasan Purwodadi-Sragen.
Nyi Ageng Serang mewarisi jiwa dan sifat ayahandanya yang sangat benci kepada penjajahan Belanda (VOC) dan memiliki patriotisme yang tinggi, kemahirannya dalam krida perang, kepemimpinan yang arif bijaksana sehingga menjadi suri tauladan bagi penganut-penganutnya. Tekadnya keras untuk lebih maju dalam berbagai bidang, dengan jiwa patriotisme dan anti penjajahan yang kuat dan konsekuen.
Dandim 0717/Purwodadi menyampaikan bahwa semangat kepahlawanan Nyi Ageng Serang sengaja dipertunjukkan dalam bentuk drama Kolosal untuk menggugah semangat seluruh Komponen Bangsa khususnya Warga Grobogan untuk lebih menghargai jasa pahlawannya, Cinta Tanah Air dan memiliki jiwa patriotisme.
“Tema kepahlawanan Nyi Ageng Serang sengaja kami angkat dalam bentuk pertunjukkan drama kolosal supaya seluruh masyarakat Grobogan melihat, mengetahui dan bangga bahwa mereka mempunyai Pahlawan Wanita yang dilahirkan di wilayahnya,” jelas Dandim.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close