Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) File Terbaru : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) itulah kurikulum yang dibicarakan dimana-mana, baik oleh pemerintah maupun oleh para pelaksana di lapangan. KTSP sempat membingungkan sebagian orang yang berkecimpung dan menaruh perhatian terhadap pendidikan. Padahal KTSP itu diharapkan menjadi "dongkrak" kualitas pendidikan yang kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Dalam pelaksanaanya, kurikulum dibuat oleh guru di setiap satuan pendidikan untuk menggerakan mesin utama pendidikan, yakni pembelajaran. Dengan demikian, kurikulum dapat disesuaikan dengan kondisi di setiap daerah yang bersangkutan, serta memungkinkan untuk memperbesar porsi muatan lokal.

Pengembangan KTSP 2006 Tahun Pelajaran 2015-2016
Pengembangan KTSP 2006 Tahun Pelajaran 2015-2016

Itulah sebabnya KTSP jangan menjadi beban bagi guru dan satuan pendidikan. Guru tidak usah bingung, kepala sekolah jangan resah, pengawas tidak usah was-was. Jalani saja sesuai dengan kemampuan. Kita berharap dan berupaya mudah-mudahan perubahan kurikulum kali ini membawa berkah dan menjadi momentum untuk perbaikan kualitas pendidikan, yang berarti juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Itulah kurang lebih ungkapan dan harapan yang berkaitan dengan KTSP, yang pada awalnya semester ini sudah diberlakukan. Meskipun dikatakan bahwa KTSP bukan kurikulim baru , tetapi tetap saja akan merepotkan guru dan kepala sekolah serta tenaga kependidikan lain di lapangan, terutama bagi mereka yang belum memiliki wawasan tentang KTSP bahkan mungkin ada yang baru mengenalnya.

Dengan demikian untuk mempermudah para guru ataupun para pelaksana pendidikan di lapangan dalam mengembangkan KTSP saya memberikan sedikit informasi tentang Pengembangan KTSP 2006 Tahun Pelajaran 2015-2016 bisa di download di bawah ini.


Semoga apa yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua selaku palaksan pendidikan di lapangan. Terima kasih






0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close