GROBOGAN - Setelah selesai kunjungannya dilokasi TMMD Reguler ke-99 Kodim 0717/Purwodadi di Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan,  dengan didampingi Dansatgas TMMD, Waas Intel Mabes TNI Brigjen TNI Andjar  Wiratma menyempatkan diri   berziarah ke Makam Ki Ageng Selo yang berada  di Desa Selo kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan, Kamis sore (20/7/2017).
Pada kesempatan kunjungannya ke wilayah Kabupaten Grobogan  tersebut Waas Intel Mabes TNI menggunakan waktunya untuk berziarah dan sekaligus wisata religi.
Memang tradisi berziarah ke makam tidak dapat dipisahkan oleh masyarakat jawa khususnya. Bagi sebagian orang, berziarah kubur menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan akan terasa ada yang kurang.
"Dari keterangan yang pernah saya baca, berziarah ke kubur memang masa awal-awal Islam dilarang oleh Rasululah SAW. Dikarenakan kondisi sosiologis masyarakat Arab, pola pikir masyarakat yang masih didominasi dengan kemusyrikan. Dan juga tingkat keislaman mereka yang masih lemah. Oleh karena itu,Rasulullah mengkhawatirkan terjadinya kesalahpahaman ketika mereka berziarah kubur baik dalam berperilaku maupun berdo'a," jelas Andjar.
Seiring dengan perkembangan jaman, maka pola pikir dan tingkat keislaman seseorang semakin bertambah, maka berziarah kubur diperbolehkan. Seperti halnya Rasulullah SAW yang pernah berziarah ke makam ibundanya. Berziarah kubur memiliki faedah untuk mengingatkan kita akan kematian dan akhirat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close