GROBOGAN – Dengan pengalaman saat mengikuti Penataran pertanian di Dinas  Pertanian Kabupaten Grobogan, Babinsa Karangsari yang tergabung Satgas TMMD Reguler ke-99 Kodim 0717/Purwodadi, membantu penyemprotan tanaman Kacang Hijau di  Dusun Lembono, Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Grobogan, Senin (24/7/2017).
Babinsa Koramil 13/Brati  Serda Santoso menjelaskan, penyemprotan  tersebut dilakukan untuk memberantas hama.
‘’Tujuan penyemprotan ini untuk menjaga tanaman dari serangan hama ulat daun dan memberikan kesuburan terhadap tanaman kacang hijau,’’ jelas Serda Santoso.
Ngatmin (40) warga Dusun Lembono RT 01 RW 06 Desa Karangsari Kecamatan Brati, Grobogan yang juga sebagai ketua kelompok tani menyampaikan, proses penyemprotan pengendalian hama tersebut sebagai antisipasi dan pengawasan terhadap serangan hama. Proses penyemprotan pada tanaman juga harus terjadwal dilakukan.
Dari Dinas Pertanian menganjurkan agar penyemprotan dilakukan pada pagi hari atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
“Penyemprotan harus dilakukan pagi hari, pukul 06.00–09.00 WIB sedangkan untuk sore penyemprotan dilakukan pukul 15.00–18.00 WIB. Apabila jadwal penyemprotan tidak dilakukan pada waktu ini maka penyemprotan   hanya merusak tanaman  saja,” jelas Ngatmin.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close