GROBOGAN.Emansipasi ialah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sejumlah usaha untuk mendapatkan hak politik maupun persamaan derajat, sering bagi kelompok yang tak diberi hak secara spesifik, atau secara lebih umum dalam pembahasan masalah seperti itu.
Emansipasi wanita ialah proses pelesapan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju.
Dan bicara emansipasi wanita, maka pasti membicarakan Kartini, seorang wanita priyayi Jawa yang memiliki pemikiran maju di masanya yang kemudian diangkat namanya menjadi penggerak emansipasi wanita Indonesia, berkat surat-surat korespondennya pada sahabat Belandanya yang kemudian diangkat menjadi sebuah buku berjudul �Habis Terang Terbitlah Terang�.
Jadi bila disimpulkan arti Emansipasi dan apa yang dimaksudkan oleh Kartini adalah agar wanita mendapatkan hak  untuk mendapatkan pendidikan, seluas-luasnya, setinggitingginya. Agar wanita juga di akui kecerdasannya dan diberi kesempatan yang sama untuk mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya dan Agar wanita tidak merendahkan dan di rendahkan derajatnya di mata pria.
 Apa yang menjadi uraian diatas kita bisa melihat sosok wanita Desa Karangsari muda dan berenergi rela ikut berpanas panasan hanya ingin membantu dalam pengecoran jalan dikampungnya dalam rangka TMMD Reguler ke-99 Tahun 2017.
"Saya ikut kerja bakti bersama TNI karena saya tidak mau kalah sama ibu-ibu yang umurnya jauh diatas saya yang mau kerja membantu pengecoran jalan tanpa harus minder dengan bapak-bapak,dan saya Sebagai wanita tidak mau disepelekan laki-laki karena pada dasarnya kita mempunyai derajat yang sama dengan laki-laki," terang  Indah, salah satu warga Dusun Pulorejo Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close