Grobogan. Jambanisasi merupakan salah satu sasaran fisik dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0717/ Purwodadi. Program jambanisasi  dari TMMD Reguler ke-99 di Desa Karangsari berjumlah 10 unit,  masing-masing berada di Dusun Pulorejo 3 unit, Dusun Mangunan 3 unit dan Dusun Lembono 4 unit. Dimana saat ini sedang dalam poses pengerjaan, yang mana pengerjaannya  dikerjakan langsung oleh anggota Satgas TMMD beserta masyarakat.( Rabu. 12/07).
Adapun tujuan jambanisasi di program TMMD yaitu untuk  mengurangi kecenderungan masyarakat yang buang hajat di pinggir sungai  dan membiasakan masyarakat untuk hidup sehat", jelas Pasi Ter Kodim Purwodadi Kapten Inf  Muh. Jumar.
Program jambanisasi tersebut, lebih difokuskan pada keluarga tidak mampu, dan warga yang  belum memiliki sama sekali tempat pembuangan tinja. Support tenaga, sangat mendukung pada pelaksanaan program jambanisasi ini, tanpa peran masyarakat, mungkin sulit bisa selesai tepat waktu, karena waktu pengerjaannya dibatasi waktu 30 hari.  Adapun penyebab dari banyaknya warga Desa Karangsari  yang belum memiliki jamban disebabkan karena  kemampuan ekonomi masyarakat yang masih rendah. Semoga  dengan adanya program jambanisasi dari TMMD  diharapkan jumlah KK yang belum memiliki jamban akan berkurang.
"Program ini, lebih mengarah pada pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, dan program ini  diperuntukkan  kepada warga yang kurang mampu, serta untuk menciptakan lingkungan yang  Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan,� ungkap Kapten Inf Muh.Jumar.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close