Grobogan--Dalam upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99  di Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan banyak kesenian yang dipentaskan. Salah satunya adalah pendongeng cilik yang ditampilkan oleh Habib Dwi Angoro.
Habib Dwi Anggoro  adalah putra  pasangan dari Bapak Purwo Utomo dan Ibu Mikadiana yang beralamat di Dusun Pulorejo RT.02 Rw.05 Desa Karangsari Kecamatan  Brati.  Habib merupakan salah satu anak yang mempunyai kemampuan mendongeng.
Dalam pentasnya Habib  Dwi Anggoro menyajikan cerita dengan judul " Nyai Bendel Dewi Nawang Wulan Desa Pasiraman". Habib Dwi Angoro si bocah kecil Ini mempunyai  prestasi juara 3 mendongeng tingkat Provinsi .
Dalam ceritanya Habib Dwi Anggoro menceritakan,  konon kabarnya Nyai Dewi Nawangwulan adalah tiga bersaudara, yang karena perbuatan ke 3 bersaudara itu mereka terbang di  daerah Tuban, Bonang, sedang yang satu lagi di Solo. Ketiganya berasal dari Lemah Bang daerah Demak Bintaro. Entah perbuatan apa yang telah di lakukan oleh ketiga bersaudara tersebut, salah seorang Wali disana marah kepada mereka, akibat dari kemarahan salah seorang Wali disana, entah karena apa pusaka itu kemudian di buang jauh�jauh hingga beterbangan, kabarnya pusaka-pusaka itu yang satu jatuh di Surakarta / Solo, satu lagi jatuh di Tuban / Bonang dan yang satu lagi yaitu nyai Dewi Nawang Wulan sendiri jatuh di daerah Desa Karangsari, Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close