Grobogan-Upacara pembukaan TMMD Reguler 99 Tahun 2017 telah dilaksanakan di lapangan Desa Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan dengan bertindak sebagai Irup Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, SH, MM kemarin, Selasa (4/7).
Upacara pembukaan TMMD ini dihadiri oleh para pejabat dari Pemprop Jawa Tengah, Kodam IV/Diponegoro, Korem 073/Makutarama, Pemkab Grobogan, Kodim 0717/Purwodadi, Polres Grobogan dan Kepala Badan atau Kantor yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan.
Masyarakat Karangsari begitu antusias melihat kegiatan ini, karena baru sekarang upacara dengan skala besar dilaksanakan di desanya. Mereka bergerombol di tempat-tempat teduh sekeliling lapangan dan dengan tertib menyaksikan jalannya upacara. Kemeriahan semakin bertambah dikarenakan setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pagelaran kesenian daerah asli Kabupaten Grobogan secara bergantian.
Salah satunya Tari Barongan yang dimainkan personel Sanggar Tari Rahayu Budoyo dari Dusun Panjungan Desa Karangsari ini mendapatkan detak kagum dan tepuk tangan meriah dari masyarakat yang menyaksikannya. Tidak hanya itu saja, sangar tari pimpinan bapak Parmo ini juga menampilkan Tari Pentul, Tari Eblek dan Tari Gondoriyo yang tidak kalah serunya.
"Sanggar Tari Rahayu Budoyo ini berdiri sejak 2 tahun yang lalu sebagai wujud keprihatinan kami terhadap kesenian daerah yang mulai ditinggalkan oleh generasi muda sekarang. Kami sering melakukan pentas seperti pada waktu karnaval, takbiran keliling maupun untuk mengisi hiburan di rumah masyarakat yang sedang punya acara." ujar bapak Parmo.
"Kami bersyukur sanggar tari ini mendapat perhatian dan dukungan dari Kades Karangsari Ibu Suhartini, dengan memberikan bantuan seperangkat alat gamelan yang kami pakai sampai sekarang ini." tambahnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
close